Kamis, 14 Juni 2012

Merubah Foto2 menjadi film dgn MOTV

Bagi Anda yang mempunyai foto-foto digital atau yang sudah discan menjadi file jpg dan ingin mengubahnya menjadi film agar bisa diputar di vcd/dvd player di rumah bisa memanfaatkan sofware Memories On TV (MOTV), sebenarnya di Windows sendiri sudah menyediakan fasilitas ini berikut effect2nya yaitu Movie Maker, tapi kelemahan Movie Maker adalah pengubahan (encoding) ke file avi yang sangat lama, kemudian belum juga saat encoding (pengubahan) file avi ke dat pada saat burning di Nero atau software sejenisnya. Ada banyak jenis software yang mengubah file foto menjadi film, tapi yang paling mudah tinggal drag & drop (geser dan letakkan) adalah MOTV dan juga fasilitas lainnya seperti effect perpindahan, penambahan musik lumayan bagus untuk pemula.



Untuk Langkah-langkah penggunaanya adalah sbb:
1. Install sofware MOTV, kemudian open software tersebut , maka akan ada kotak dialog sperti ini :

2. Langkah selanjutnya membuka folder file yang ada di komputer/flash disk anda (sebelah kiri bawah atau di bagian kanan bawah ) untuk bisa tampil fotonya/tumbnail klik kotak sebelah kanan tulisan supported files, kemudian drag & drop (geser dan letakkan) di kotak kanan atas foto yang diinginkan.

3. Memberi effect transisi/foto dan musik( pergantian gambar )
Anda bisa menambahi effect transisi serta musik dengan sangat mudah klik tool/tombol yang ada di tengah effect, maka akan tampil kotak dialog baru seperti ini :


Anda bisa memilih macam2 effect foto atau effect transisi (pergantian gambar satu dengan yang lain) serta waktu lamanya/delay gambar/foto ditayangkan dengan memilih menu yang ada. Tekan apply bila sudah memilih, kemudian untuk melihat hasilnya klik preview.


4. Memberi background musik
Untuk memberi background musik/suara Anda tinggal klik menu yang di tengah Music, kemudian klik tanda + dibawah untuk menambahi musik. Anda bisa menambahi beberapa lagu sekaligus serta menantukan panjang pendeknya lagu serta mensikronkan slide dengan musik dengan menggunakan tool yang ada.


sekali lagi untuk melihat hasilnya klik preview.


5. Penambahan Menu di Cd (Disc Menu)
Untuk menampilkan menu di DVD player Anda serta memberikan background, Anda tinggal klik aja Disc Menu, disitu akan ditampilkan pilihan background, Anda juga bisa mengubah tulisan menu-menu tsb.


Sekali lagi untuk melihat hasilnya klik preview.
Setelah semua tinggal save/save as di menu file.

6. Proses Burning.
Kini saatnya Anda melihat hasilnya hasil film buatan Anda ke dalam CD (burning). Caranya mudah sekali. Masukkan CD kosong ke CDRW room Anda, klik tombol burn di menu bagian tengah tunggu beberapa menit (prosesnya lebih cepat dibanding Movie Maker), maka jadilah CD Slide/Film foto-foto kenangan Anda yang bisa di putar di VCD/DVD player Anda di rumah.

7. Silahkan Mencoba !
Download Software DiSINI
Serialnya Download DiSINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar