Minggu, 08 April 2012

Membuka file e-book berformat .djvu, .lit, dan .dnl

DNL-icon lit icon djvu icon
Ketika mencari e-book, adakalanya kita menemui file tersebut berformat aneh dan tidak umum, seperti .djvu, .lit, dan .dnl. Wadhuh, file apaan nih? Jangan-jangan virus… Gimana cara ngebukanya ya? Begitu mungkin hal yang kita pikirkan ketika melihat file dengan format tersebut (well, setidaknya itulah yang saya pikirkan ketika pertama kali menemui hal tersebut hehe…)
Jangan khawatir, file tersebut bukan virus (setidaknya kami tidak pernah menemui virus yang menggunakan format tersebut ^_^). Format tersebut sering digunakan untuk e-book. Nah, tinggal pertanyaan terakhir, bagaimana agar kita bisa membuka file dengan format tersebut? Caranya, dengan menggunakan software tertentu. Ada beberapa program yang bisa digunakan, dan di sini kami hanya mengenalkan 3 software untuk tiga jenis format file tersebut, masing-masing satu (biar tidak bingung memilihnya hehe…)
Fitur yang ada pada software tersebut standar untuk software reader, seperti previous page, next page, go to selected page, go to first page, go to last page, copy selected text. Dan rasanya kita memang tidak butuh fitur yang aneh-aneh, karena toh kebutuhan utama kita thd e-book ya membaca kan ^_^
Berikut ketiga jenis software tersebut :
  • Microsoft Reader / MSReader : Untuk membaca file e-book berformat .lit
    Ada keunggulan utama dari file berformat .lit yang tidak dimiliki format file e-book lainnya, yakni fitur reading. Dengan fitur ini, anda dapat tidur-tiduran sambil mendengarkan e-book dibacakan oleh software. Sayangnya fitur ini diperuntukkan bagi e-book yang menggunakan bahasa inggris. So jika e-book yang anda miliki berbahasa Indonesia, kalau anda menghidupkan fitur ini siap-siap saja rada bengong, karena e-book anda (tetap) dibacakan dengan aksen Inggris :D
Download software MSReader disini
  • WinDjView : untuk membaca file e-book berformat .djvu
    Biasanya e-book berformat .djvu dibuat/disusun dari hasil scan buku. So bagus tidaknya buku yang di-scan juga sangat berpengaruh pada kualitas tulisan dari e-book berformat .djvu.
Download software WinDjView disini
  • DNL Reader : untuk membaca file e-book berformat .dnl
Download software DNL Reader disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar